Kuliner unik khas Jogja

Kuliner unik khas Jogja

Kuliner unik khas Jogja

Kuliner unik khas Jogja

Kuliner unik khas Jogja – Setelah saya memberikan informasi alamat daftar resto di Jogja kali ini saya akan memberikan informasi kuliner unik khas Jogja, tentunya juga di sertai alamatnya sehingga memudahkan anda yang sedang berlibur di Yogyakarta. Jajanan asli dari Jogja ini menggunakan bahan tradisional, penasaran apa saja sih jajanan khas jogja ini..

Jajanan khas jogja

  • Mides
    Bakmi yang satu ini dibuat dari bahan dasar tepung tapioka/gaplek. Di daerah Pundong orang biasa menyebut bakmi ini dengan sebutan bakmi pentil, karena bakmi ini lebih kenyal, dan mudah melar dibanding bakmi biasa. Salah satu pengrajin mie pentil ini adalah ibu Aisyah di dusun Nangsri Rt01 Srihardono, Pundong, Bantul. (kalau dari jogja naik bis jurusan jogja-parangtritis, berhenti di pertigan pundong)
  • Mie lethek Jogja
    Mie lethek juga sering disebut mie bendo karena mengambil sebuah kampung yang memproduksi mie ini yaitu Desa Bendo, Trimurti, Srandakan, Bantul. Kebanyakan di daerah srandakan, pandak dan sanden. kalau dari jogja naik bis yangg jurusan srandakan. ada kode huruf A di depan bis nya
  • Tongseng Petir (legend Class)
    Sate Petir Pak Nano di Ring-Road Selatan (selatan jalan) Jogja, tepatnya di Dusun Nayu, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. deket UMY (ke selatan terus mengikuti ringroad, puternya pas traffic light. kalau dari arah UMY)
    ada kelasnya. uniknya tingkat kepedesan dibagi2 dari TK sampe profesor.
  • Tengkleng Gajah
    lokasinya dari arah kota Yogyakarta menuju Kaliurang, Sesaat kemudian sampailah di kilometer delapan, dan terlihat pertigaan jalan kecil yang bercabang ke arah kanan di daerah Gentan, tapi lebih tepatnya jalan tersebut menuju ke Minomartani daerah Ngaglik Sleman. Kurang lebih 300 meter masuk ke kanan pertigaan tersebut terdapat depot makan yang namanya cukup mengagetkan, yaitu Tengkleng Gajah.
  • Gudheg Manggar Jogja
    Gudeg Manggar merupakan makanan khas jogja yang termasuk langka alias sudah jarang di temukan. Kebanyakan gudeg terbuat dari bahan dasar nangka muda.Tetapi gudeg di buat dengan bahan dasar ” Bunga Kelapa yg masih Muda ” atau biasa disebut MANGGAR. Gudeg ini mempunyai rasa khas yang unik apalagi dijodohkan dengan sambel krecek tholo.
    Traditional:Gudeg Mbah Marto, Gudeg Geneng Desa Sewon, Bantul belakang kampus ISI – Yogyakarta. kalau naik bis naik jurusan Jogja-Parangtritis, turun di kampus ISI
    Modern: pecel cabean, selain gudheg manggar, pecel nya terkenal juga lho. kalau naik bis naik jurusan Jogja-Parangtritis, turun pecel cabean, kurang lebih 1 km ke selatan dr kampus ISI.

Terima kasih telah membaca artikel Kuliner unik khas Jogja, semoga bermanfaat

Artikel banyak dicari : resep cap jaek, resep membuat gudeg supaya merah, dodol khas jogja, gorengan khas jogja, resep bir pletok jogja, resep hidangan penutup khas jogyakarta, tips agar gudeg berwarna merah
Kuliner unik khas Jogja | Felyza Sechan | 4.5