Jajanan khas Bali

Jajanan khas Bali

Jajanan khas Bali

Jajanan khas Bali

Jajanan khas Bali – Jika anda sedang berlibur ke Bali tentunya oleh-oleh merupakan hal yang wajib di bawa ketika pulang. Kuliner khas Bali ini dapat di temukan di pasar tradisional Bali, karena jajan ini merupakan makanan asli dari bali. Berikut oleh oleh khas Bali

Kuliner khas Bali

  • Jaje Godoh
    Jajanan yang biasa dijual di pasar atau di warung-warung ini sangat pas untuk teman minum kopi di pagi hari. Di daerah lain jajanan satu ini dikenal dengan nama PISANG GORENG.
  • Jaje Lempog
    Jeje lempog bisa kita temukan di pasar tradisional. Jajanan yang terbuat dari singkong dan gula merah ini di Jawa terkenal dengan nama GETUK.
  • Jaje Laklak
    Jajanan yang terbuat dari tepung beras ini dimakan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Rasanya emmpuk dan lezat. Ternyata saya pernah menjumpai makanan yang mirip dengan jaje laklak, namanya SURABI. Bedanya kalau Surabi ada bermacam-macam rasa seperti Surabi keju, surabi susu, surabi coklat, Surabi oncom dan masih banyak lagi. Sedangkan kalau jaje laklak hanya satu versi yaitu Laklak dengan parutan kelapa dan gula merah.
  • Jaje Uli
    Jajanan yang satu ini terbuat dari tepung ketan. Jaje uli banyak ditemukan pada saat ada hari raya umat hindu seperti hari raya galungan. jaje uli enaknya dimakan dengan tape ketan. Ternyata di daerah Jawa ada juga jajanan yang sama dengan jaje uli terbuat dari tepung ketan namanya JADAH.
  • Jaje Sumping
    Sumping adalah jajanan yang terbuat dari tepung beras berisi pisang didalamnya, dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Selain sumping pisang ada juga sumping yang terbuat dari labu (waluh). Kalau di daerah Jogja sumping pisang diberi nama NOGOSARI.
  • Jaje Giling
    Jaje giling adalah jajanan yang terbuat dari tepung kanji alias aci diberi pewarna merah kemudian di pilin dan di masukkan kedalam air panas. Jaje giling ini biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula pasir atau gula merah cair.
  • Jaje Klepon
    Jajanan yang terbuat dari tepung ketan ini berbentuk bulat kecil dan berisi gula merah didalamnya. Klepon harus dimakan sekaligus, karena jika anda gigit sedikit demi seidkit, gula merahnya akan keluar dan mengotori tangan atau baju anda. Ternyata di Bandung dan Jogja juga ada jaje klepon dan namanya juga sama KLEPON.

Demikian artikel yang membahas tentang Jajanan khas Bali semoga bermanfaat

Artikel banyak dicari : resep jajan giling khas bali, alat alat untuk membuat jajan laklak, cara membuat jaja laklak, cara masak makanan bali dalam, jajanan murah meriah, resep kue batar, resep kue giling bali, resep aneka jajanan bali, jenis jajanan anak sekolah, jajanan pasar yg tahan lama, jajan giling tradisional bali, jajan giling giling, jaja le, cara membuat ondel dr singkong, cara membuat jaje batun duren, cara masak makanan bali da, beda bumbu tongseng dengan rica rica, resep membuat Jajan giling-giling
Jajanan khas Bali | Felyza Sechan | 4.5